Sunday, February 6, 2011

Mativ vs Persneling


VS



"wah pakek m*o enak ya..." seru widya
"ah kagak ah, enakan naik s***a, malah lebih enak" kata Jeni melakukan sedikit ketidak setujuannya.
"eh, s***a kan harus pindah persneling, gag enak kalee...!!! mending pake v***o lebih praktis,"

begitulah percakapan kedua pemudi yang sedang membicarakan tentang motor yang mereka pakai, Widya yang sangat menyukai motor matik, dan Jeni yang lebih suka memakai motor persneling. mungkin memang agak berlebihan tapi ini merupakan kendaraan yang banyak dipakai masyarakat dewasa ini.
sebelum ada motor matik, motor persneling memang jadi pilihan utama, tapi semenjak motor matik dipasarkan, tidak sedikit masyarakat yang beralih memakai motor matik.
antara motor matik dan persneling mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing
menurut penelitian saya berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan antara motor matik dan motor persneling:

kelebihan motor matik :
1. mudah dikendarai(tinggal di gas doank dah jalan)
2. tak perlu ganti persneling
3. irit bensin jika berjalan di jalan yang datar
4. kuat untuk berjalan ditanjakan
5. tidak takut akan terciprat air(biasanya motor matik selalu ada body depan yang menghalangi air ke kaki
6. kaki bebas, karena tak perlu menginjak rem atau mengganti persneling
kekurangan motor matik :
1. boros bensin jika berjalan di jalanan yang mendaki
2. sedikit berbahaya jika berjalan di jalan yang menurun karena motor hanya akan bertumpu pada rem semata
3. konsentrasi bertumpu pada tangan
4. sulit dimodifikasi
kelebihan motor persneling :
1. irit dalam bahan bakar
2. ketika berjalan pada jalan yang menurun, rem dan gigi persneling saling menghambat laju agar tidak terlalu cepat
3. mempunyai tenaga yang cukup ketika dibutuhkan
4. mempunyai akselerasi yang cepat
5. mudah dimodifikasi
6. mampu menikung secara maksimum
kekurangan motor persneling :
1. perlu adanya timing yang pas ketika mengoper persneling agar tenaga bisa maksimal
2. semua anggota gerak tubuh mempunyai tugas masing-masing(kaki yang untuk mengoper persneling dan mengerem, tangan yang digunakan mengerem juga dan menarik kopling)
3. bodi yang terkesan terlalu panjang dan berat

itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari motor matik dan motor persneling. mungkin itu beberapa dari yang saya temukan. jika mungkin pembaca menemukan atau merasakan ada yang tidak cocok dengan tulisan di atas. hal itu adalah kesalaha penulis semata. sekian dan terima kasih.
^__^ v

No comments:

Post a Comment