Wednesday, July 3, 2013

Konektivitas

Zaman adalah sebuah entitas waktu dengan banyak atribut di dalamnya. Banyak hal saling terkait pada sebuah zaman. Banyak hal menjadi ringkas menjadi rumit dan banyak hal rumit menjadi ringkas. Kebutuhan akan waktu menjadi semakin beragam. Relativitas waktu hanya ilusi oleh pikiran kita yang mungkin bisa jadi lalai atas keterikatan kita dengan yang lain.
Bisa jadi sebuah contoh adalah anda dan manusia di sekitar anda. Hal yang terkoneksi mempunyai ikatan yang kuat dengan yang lain meski disadari atau tidak. Stupid ideology membuat hal yang terlihat penting menjadi remeh. atau dikatakan disana hal yang harusnya menjadi penting menjadi nothing. Hubungan kita dengan manusia yang lain adalah sebuah awal. Awal takdir kita menjadi makhluk sosial. Rasa sosial kita mendorong kita untuk untuk berinteraksi dengan yang lainnya.
and then kita adalah manusia yang saling terinteraksi dengan yang lainnya.
Begitulah takdir tercipta. dengan banyak koneksi dan dengan banyak faktor. laksana akson-akson dari setiap ujung ke ujung saling memiliki kecepatan dan reason kenapa mereka harus terhubung dan saling berhubungan. Karena memang dengan itulah sebuah pikiran tercipta, sebuah gagasan, sebuah pemikiran yang baru. Sebuah pengingat pun lahir dari hal tersebut. Akankah kita menghindari koneksi tersebut, meski kita sedang terkoneksi. Atau dalam bahasa kerennya akankah kita meng-cut segala aktivitas komunikasi dari setiap neuron dalam ke neuron yang lainnya.

"Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat."
Al Hujurat:49

No comments:

Post a Comment